Rabu, 03 April 2013

DETIK-DETIK TERAKHIR RASULALLAH SAW


DETIK-DETIK TERAKHIR RASULALLAH SAW
Tibalah detik-detik terakhir dari hidup beliau. Sayidah ‘Aisyah menarik tubuh beliau kepangkuannya. Tentang hal in dia pernah berkata, “sesungguhnya diantara nikmat Allah yang diberikan kepadaku, bahwa Rasulallah SAW meninggal dirumahku, pada hari giliranku, berada dalam rengkuhan dadaku, bahwa Allah menyatuhkan antara ludahku dan ludah beliau saat rapat.
Abdurahman bin Abu Bakar masuk sambil memegang siwak. Saat itu aku merengkuh tubuh beliau. Kulihat beliau melirik kesiwak ditangan Abdurrahman. Karena aku tahu beliau sangat suka siwak, maka aku bertanya, “Apakah aku boleh mengambil siwak itu untuk engkau.?”
Beliau mengiyakan dengan isyarat kepala. Maka aku menyerahkannya kepada beliau dan mengosokannya kemulut beliau. Rupanya gosokanku  terlalu keras  bagi beliau. Aku bertanya .”Apakah aku harus memelankannya ?”
Beliau mengiyakannya dengan isyarat kepala. Maka aku mengosok dengan pela-pelan sekali. Didekat tangan beliau saat itu ada benjana berisi air. Beliau mencelup kedua tangan nya kedalam air lalu  lalu mengusapkannya kewajahnya, sambil besabda, ”tiada tuhan selain Allh. Sesungguhnya kematian itu ada sekaratnya.”
Seusai  bersiwak  beliau mengakat tangan atau jari-jari, mengarahkan pandangan kearah langit-langit rumah dan kedua bibir beliau bergerak-gerak. ‘Aisyah masih sempat mendengar sabda beliau pada saat itu, “bersama orang-orang yang engkau berikan nikmat atas mereka dari para nabi, Shiddiqin,syuhada’ dan sholihin. Ya Allah , Ampunilah dosaku dan rahmatilah aku. Pertemukanlah aku dengan Kekasih Yang MahaTinggi Ya Allah, Kekasih Yang MahaTinggi.
Kalimat yang terakhir ini diulang sampai tiga kali yang disusul dengan tangan beliau yang melemah. Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un. Beliau telah berpulang kepada Kekasih Yang MahaTinggi.
Hal ini terjadi selagi waktu dhuha sudah terasa panas, pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul awwal   11 H  ,  dalam Usia 63 tahun lebih empat hari.[1]
    


[1] Untuk Lebih Jelas Lihat Sumber : Rokhiqul Makhtum dan Haikal Sirah Nabi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar