Kamis, 06 Desember 2012

IDENTITAS NASIONAL




IDENTITAS  NASIONAL

Makalah Ini Diajukan Untuk Melengkapi Tugas
Mata Kuliah
Kewarga Negaraan



 













Oleh:

Al-habibi



Dosen Pengampu :
Prof.Nadlillah Badaruddin





FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
INSTITUT KEISLAMAN ABDULLAH FAQIH (INKAFA)
SUCI MANYAR GRESIK MANYAR
SEPTEMBER 2011




 




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala sanjung hanyalah milik allah semata, tuhan pencipta alam semesta beserta isinya, pengatur pergantian siang malam, pemberi rizki, yang menghidupkan dan yang mematikan sesuatu yang dikehendaki dan berhak disembah oleh jin dan manusia yang tercipta
Sholawat dan salam sejahtera semoga abadi tercurah kehariban penghulu alam Nabi Muhammad SAW. Dan sanak famili serta para sahabatnya nan setia Amin.
Kami tiada henti bersyukur dan memuji kepada Allah SWT. atas curahan rahmat dan maunahnya dalam menyusun makalah ini dalam judul " Identitas Nasional  " maksud penyusunan makalah ini untuk melengkapi tugas  mata kuliah materi Kewarga Negaraan.
Sebagaimana kita ketahui belajar adalah istilah kunci yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan.Sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak ada pendidikan di tengahkan perlunya pengajaran perbaikan pengertian perbaikan, dan fungsi pengajaran perbaikan.
Terimah kasih kami ucapkan kepada teman-teman yang selalu mendukug, dan khususnya kepada Dosen yang mengajarkan materi ini yang selalu terbuka untuk kami. Dengan kerendahan dan segala kekurangan  yang menyelimuti diri penulis, demi kesempurnaan makalah ini bila menemukan kejanggalan atau kesalahan, sudilah kiranya meberi teguran. Dan akhirnya penulis berdo’a semoga makalah ini banyak memberi manfaat dan maslaha kepada kita semua, muda-mudahan senantiasa dalam lindungan taufiq hidayah Allah SWT. amin
                                                                                     
Gresik,   Januari 2011


                                
                                                                                                Penulis 







DAFTAR ISI

Cover……………………………………………………………………………..I
Kata pengantar………………………………………………………………...II
Daftar Isi…………………………………………………………………........III
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………1
  1. Latar belakang masalah……………………………………………...1
  2. Rumusan masalah…………………………………………………..…1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………2
  1.  pengertian identitas nasional…………………………………………2
  2.  demensi-demensi identitas nasional………………… ………2
  3. Faktor-faktor pembentuk identitas nasional
BAB III PENUTUP…………………………………………………………….5
  1. Kesimpulan……………………………………………………………...5
Daftar pustaka










BAB !
Pendahuluan
1.1.Berdasarkan banyaknya negara-negara didunia ini,maka dari itu supaya diantra negara satu dengan yang lain supaya  ada perbedaan,munculah istilah identitas nasional .  
Oleh karna itu,sebelum kita sampai pada penjelasan tentang identitas nasional,kami sebagai pemakalah ingin menjelaskan terlebih dahulu tenteng pengertian identitas nasional.dengan maksud,agar kita mengetahui apa yang dinamakan identitas nasional.
1.2.Rumusan masalah   
1.      Apa pengertian identitas nasional 
2.           Apa saja demensi-demensi identitas nasional    
3.      Apa faltor pembentukan identitas nasional
1.3.Tujuan masalah
Berdasarkan rumusan masalahdiatas,maka tujuan hendak dicapai adalah untuk mengetahui tentanng identitas nasional,demensi-demensi identitas nasional dan pembentukkan identitas nasional.






BAB !!
Pembahasan
2.1. pengertian identitas nasional
SECARA HARFIYAH identitas ialah  ciri-ciri,tanda-tanda atau jati diri yang melekat pada sesuatu atau seseorang yang membedakanya dengan yang lain.
     Secara teorilitis,seperti dikatakanKeontoWibisono,pengertian identitas pada hakekatnya merupakan “ manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri khas,dan dengan ciri-ciri yang khas tersebut maka suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupanya”.Dengan demikian identitas nasional suatu bangsa adalah ciri-ciri khas yang dimiliki suatu bangsa yang membedakanya dari bangsa lain.
     Dengan ungkapan lain identitas nasional adalah sesuatu yang selalu berubah danterbuka untuk diberi makna baru agar sesuai dengan tuntunan zaman.
2.2. Demensi identitas nasional
     Beberapa demensi identitas nasional antara lain :
1.      Pola perilaku,adalah gambaran pola perilaku yang terwujud dalam kehidupan sehari – hari,misalnya : adat istiadat dan lain-lain.
2.      Lambang-lambang,adalah sesutu yang mengambarkan tujuan dan fungsi negara.Lambang-lambang ini bisanya dinyatakan dalam undang –undang,misalnya ; bendera,bahasa dan lagu kebangsan.
3.      Alat – alt perlengkapan,adalah sejumlah perngkat atau alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang berupa bangunan,peralatan dan teknologi,minsalnya bangunan cansdi,masjid,gereja dan lain-lainnya.
4.      Tujuan yang igin dicapai,identitas yang bersumber dari tujuan ini bersifat dinamis dan tidak tetap,misalnya : budaya unggul,prestasi dalam bidng tertentu.
2.3. unsur – unsur pembentuk identitas nasional
     Salah satu idetitas bangsa indonesia  adalah ia dikenal sebagai sebuah bangsa yang majmuk.kemajmukan indonesia dapat dilihat dari sisi sejarah,suku bangsa,agam dan bahasa.
1.      Sejarah
Menurut catatan  sejarah,sebelum menjadi entitas negara bangsa yang modern,bangsa indonesia pernah mengalami masa kejayaan yang gemilang Dua kerajaan nusantara,Majapahit dan Srriwijaya.
2.      Kebudayaan
Aspek kebudayaan yang menjadi unsur pembentuk identitas nasionol meliputi tiga unsur yaitu : akal budi,peradaban dan pengetahuan.Akal budi bangsa Indonesia, minsalnya : dapat dilihat oleh sikap ramah dan santun bangsa Indonesia.
3.      Suku bangsa
Kemajmukan merupakan identitas lain bangsa Indonesia.Namun demikian,lebih dari sekedar kemajmukan yang bersifat alamiah tersebut,teradisi Indonesia untuk hidup bersama dalam kemajmukan merupakan hal lain yang harus dikembang dan dibudayakan.

4.      Agama
Keanekaraman agma merupakan identitas lain dari kemajmukan alamiah Indonesia.Dengan kata lain,keragaman agama dan keyakinan di Indonesia tidak hanya dijamin oleh konsitusi negara,tetapi juga merupakan suatu rahmat Tuhan Yang Esa yang harus tetap dipelihara dan disyukuri bangsa Indonesia.
5.      Bahasa
Bahasa adalah salah satu atribut identitas nasional Indonesia.sekalipun Indonesia memiliki ribuan bahsa daerah,kedudukan bahasa Indonesia        ( bahssa yang digunakan bahasa melayu ) sebagai bahasa penghubung      ( lingua franca ) sebagai kelompok etnis yang mendiam kepulauan nusantara memberi nilai identitas  tersendiri bagi bangsa Indonesia.












BAB !!!
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
3.1.1.      Pengetian identitas nasional
Identitas nasional adalah sesuatu yang selalu berubah danterbuka untuk diberi makna  baru agar tetap sesuai dengantuntunan zaman.
3.1.2.      Demensi –demensi identitas nasional
a.       Pola perilaku
b.      Lambang-lambang
c.       Alat-alat perlengkapan
d.      Tujuan yang igin dicapai
3.1.3.      Unsur-unsur pembentuk identitas nasional
a.       Sejarah
b.      Kebudayaan
c.       Suku bangsa
d.      Agma
e.       Bahasa
3.2 . Saran
        Dari makalah ini penulis mengharapkan agar para pembaca dan khsusnya INKAFA dapat membamdingkan antara suku satu dengan yang lainnya dan negar satu dengan yang kainnya.


Daftar pustaka
Hatta,dkk.1994. Demokrasi dan Hak Asasi Manusia,Jakarta : Bumi aksara




                       




Tidak ada komentar:

Posting Komentar