Jumat, 07 Desember 2012

RPP FIQIH




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )



Status Pendidikan : ______________________

Kelas / Semester : X / Ganjil

Mata pelajaran : Fiqih

Standar kompetensi : 1. Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at Islam

Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam

Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran ( 1 x 45 menit )





A. Indikator :

Siswa mampu :

§ Menjelaskan pengertian konsep ibadah dalam Islam.

§ Merumuskan prinsip-prinsip ibadah dalam Islam mengidentifikasi bahwa Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya

§ Memecahkan masalah penyimpangan prinsip ibadah dalam kehidupan umat Islam

§ Menyimpulkan tentang Prinsip-prinsip ibadah dalam Islam.



Nilai Karakter bangsa yang diharapkan :

§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama



Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :

§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri



B. Materi Ajar :

Prinsip-prinsip ibadah dalam Islam.



C. Metode :

§ Ceramah

§ Tanya Jawab

§ Diskusi kelompok

§ Inkuiri

§ Pengamatan









D. Langkah-langkah pembelajaran :


Kegiatan

Waktu

Aspek life skill yang dikembangkan


1. Pendahuluan

Apersepsi dan Motivasi :

§ Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalah serta mengecek siswa yang tidak masuk.

§ Memberikan apersepsi/ materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.

§ Menyampaikan kompetensi dari materi yang akan diajarkan

§ Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan

10 menit






















2. Kegiatan inti

§ Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian ibadah (eksplorasi)

§ Siswa membuka Al-Qur’an untuk mencari dalil yang berkaitan dengan materi (eksplorasi)

§ Siswa ditunjukkan dalil nakli tentang kewajiban ibadah (eksplorasi)

§ Siswa memabaca dalil nakli yang berkaitan dengan materi/yaitu ibadah (elaborasi)

§ Guru menunjuk siswa untuk menjelaskan macam-macam ibadah (konfirmasi)

§ Guru bertanya kepada siswa macam-macam ibadah khusus (Konfirmasi)

§ Siswa mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam (elaborasi)

25 menit

Pemahaman Konsep




3. Kegiatan penutup

§ Mengadakan tanya jawab tentang prinsip-prinsip ibadah dalam Islam

§ Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan

§ Guru menugaskan keada siswa mencari dail nakli yang berhubungan dengan ibadah

§ Menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah

15 menit




E. Sumber Belajar :

§ Internet dan Intranet

§ Buku paket Penidikan Agama Islam kelas X

§ Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan

§ LKS Fiqih

§ LCD

§ Al-Qur’an dan terjemahannya

§ Dll



F. Penilaian :


Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen


§ Mampu menjelaskan konsep ibadah dalam Islam

Tes tertulis



Isian



§ Jelaskan konsep ibadah dalam Islam ?


§ Mampu menjelaskan prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam

Tes tertulis

Isian





§ Jelaskan prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam?


§ Mampu menjelaskan prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah

Tes tertulis

Isian



§ Jelaskan prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah ?


§ Mampu menjelaskan tujuan ibadah

Tes tertulis

Isian

§ Jelaskan tujuan ibadah ?


§ Mampu menjelaskan keterkaitan ibadah dengan budi pekerti

Tes tertulis



Isian

§ Jelaskan keterkaitan ibadah dengan budi pekerti ?




16, September 2012

Mengetahui,

Kepala Madrasah Guru Mapel Fiqih







H. MUHAMMAD MA’RUF AHMAD NASHIRUDDIN

NIP. NIP.v

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar