Jumat, 07 Desember 2012
RPP FIQIH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan : ______________________
Kelas / Semester : X / Ganjil
Mata pelajaran : Fiqih
Standar kompetensi : 1. Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at Islam
Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran ( 1 x 45 menit )
A. Indikator :
Siswa mampu :
§ Menjelaskan pengertian konsep ibadah dalam Islam.
§ Merumuskan prinsip-prinsip ibadah dalam Islam mengidentifikasi bahwa Al Qur’an kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
§ Memecahkan masalah penyimpangan prinsip ibadah dalam kehidupan umat Islam
§ Menyimpulkan tentang Prinsip-prinsip ibadah dalam Islam.
Nilai Karakter bangsa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri
B. Materi Ajar :
Prinsip-prinsip ibadah dalam Islam.
C. Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
D. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
§ Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalah serta mengecek siswa yang tidak masuk.
§ Memberikan apersepsi/ materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.
§ Menyampaikan kompetensi dari materi yang akan diajarkan
§ Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
10 menit
2. Kegiatan inti
§ Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian ibadah (eksplorasi)
§ Siswa membuka Al-Qur’an untuk mencari dalil yang berkaitan dengan materi (eksplorasi)
§ Siswa ditunjukkan dalil nakli tentang kewajiban ibadah (eksplorasi)
§ Siswa memabaca dalil nakli yang berkaitan dengan materi/yaitu ibadah (elaborasi)
§ Guru menunjuk siswa untuk menjelaskan macam-macam ibadah (konfirmasi)
§ Guru bertanya kepada siswa macam-macam ibadah khusus (Konfirmasi)
§ Siswa mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam (elaborasi)
25 menit
Pemahaman Konsep
3. Kegiatan penutup
§ Mengadakan tanya jawab tentang prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
§ Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan
§ Guru menugaskan keada siswa mencari dail nakli yang berhubungan dengan ibadah
§ Menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah
15 menit
E. Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Penidikan Agama Islam kelas X
§ Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
§ LKS Fiqih
§ LCD
§ Al-Qur’an dan terjemahannya
§ Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Mampu menjelaskan konsep ibadah dalam Islam
Tes tertulis
Isian
§ Jelaskan konsep ibadah dalam Islam ?
§ Mampu menjelaskan prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam
Tes tertulis
Isian
§ Jelaskan prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam?
§ Mampu menjelaskan prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah
Tes tertulis
Isian
§ Jelaskan prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah ?
§ Mampu menjelaskan tujuan ibadah
Tes tertulis
Isian
§ Jelaskan tujuan ibadah ?
§ Mampu menjelaskan keterkaitan ibadah dengan budi pekerti
Tes tertulis
Isian
§ Jelaskan keterkaitan ibadah dengan budi pekerti ?
16, September 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mapel Fiqih
H. MUHAMMAD MA’RUF AHMAD NASHIRUDDIN
NIP. NIP.v
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar