SUMBER dan
METODE
MEMPELAJARI
SUMBER AJARAN ISLAM
Makalah Ini Diajukan Untuk
Melengkapi Tugas
Mata Kuliah
Metodologi Studi Islam
Dosen Pengampu :
Ust.Abdullah Syafik,M.Fil.i
Oleh:
Al-habibi
Alif Syuhada
Alvin Ade Setiawan
Bagus Maftuh Munir
Choirul Anwar
Ilham Muzaki
Lutfi Indra Satiawan
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT KEISLAMAN
ABDULLAH FAQIH
SUCI MANYAR
GRESIK
OKTOBER 2011
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
segala sanjung hanyalah milik Allah semata, tuhan pencipta alam semesta beserta
isinya, pengatur pergantian siang malam, pemberi rizki, yang menghidupkan dan
yang mematikan sesuatu yang dikehendaki dan berhak disembah oleh jin dan manusia
yang tercipta.
Sholawat
dan salam sejahtera semoga abadi tercurah kehariban penghulu alam Nabi Muhammad
SAW. Dan sanak famili serta para sahabatnya nan setia Amin.
Kami tiada henti bersyukur dan
memuji kepada Allah SWT. atas curahan
rahmat dan maunahnya dalam
menyusun makalah ini dalam judul
" SUMBER dan METODE
MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM"
maksud penyusunan makalah ini untuk melengkapi
tugas matakuliyah metod0logi studi islam .
Sebagaimana
kita ketahui belajar adalah istilah kunci yang paling vital dalam setiap usaha
pendidikan.Sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak ada pendidikan di
tengahkan perlunya pengajaran perbaikan pengertian perbaikan, dan fungsi
pengajaran perbaikan.
Terimah
kasih kami ucapkan kepada teman-teman yang selalu mendukug, dan khususnya
kepada Dosen yang mengajarkan
materi ini yang selalu terbuka untuk kami. Dengan kerendahan dan segala
kekurangan yang menyelimuti diri
penulis, demi kesempurnaan makalah ini bila menemukan kejanggalan atau
kesalahan, sudilah kiranya meberi teguran. Dan akhirnya penulis berdo’a semoga
makalah ini banyak memberi manfaat dan maslaha kepada kita semua, muda-mudahan
senantiasa dalam lindungan taufiq hidayah Allah SWT. amin
Gresik, Januari 2011
Penulis
DAFTAR
ISI
Cover ............................................................................................................. I
Kata pengantar .............................................................................................. II
Daftar Isi ....................................................................................................... III
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A.
Latar belakang masalah ................................................................... 1
B.
Rumusan masalah ............................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................. 2
A.
Sumber-sumber ajaran islam ........................................................... 2
B.
Metode mempelajari sumber ajaran islam ....................................... 2
BAB III PENUTUP ..................................................................................... 5
A.
Kesimpulan ..................................................................................... 5
Daftar pustaka
BAB I
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Kehadiran
agama islam yang dibawah Nabi Muhammad Saw.diyakinkan dapat mewujudkan
kesejahteraan kehidupan lahir dan batin.dengan Aqur’an dan hadist,serta ijma’
dan kiyas sebaga sumber ajaran dan hukum yang telah disepakati.
Oleh karna itu,sebelum kita sampai
pada penjelasan tentang SUMBER dan METODE
MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM
,kami sebagai pemakalah ingin menjelaskan terlebih dahulu tenteng pengertian SUMBER
dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM.dengan maksud,agar kita
mengetahui apa yang dimaksud dengan " SUMBER
dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM"
1.2. Rumusan
masalah
1.
Apa pengertian metode
2.
Apa saja metode-metode mempelajari ajaran
islam
3.
Apa saja sumber-sumber ajaran
islam
1.3.
Tujuan masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas,maka
tujuan hendak dicapai adalah untuk mengetahui metode dan sumber-sumber ajaran
islam.
BAB II
Pembahasan
2.1.Pengertian metode
Dalam proses pendidikan islam
pendidikan,metode memmpunyai kedudukan
yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan karena ia menjadi sarana yang
mempermaknakan materi pelajaran yang
tersusun dalam kurikulum pendidikan sedemikian
rupa sehinga dapat dipahami atau diserap oleh anak didik menjadi
pengertian-pengertian yang fungsional terhadap tingkah lakunya.
Jadi metode dari segi bahasa berasal
dari dua perkataan, yaitu meta dan hodos.meta berarti
“melalui” dan hodos berarti
“jalan” atau “cara”.dengan demikian metode dapat berarti cara atau jalan
yang harus dilaalui untuk mencapai suatu tujuan[1].Selain itu adapula
yang mengatakan bahwa metode adalah suatu sarana untuk menemukan,menguji,dan
meyusun data yang diperlukan bagi pengembangan disiplin tersebut[2]. Ada lagi pendapat
yang mengatakan bahwa metode sebenarnya berarti jalan untuk mencapai tujuan.[3]
2.2. Metode-metode mempelajari
ajaran islam
1.Metode teladan
Dalam
Al-Qur’an telada diproyeksikan dengan kata uswah yang kemudian diberi
sifat dibelakangnya seperti sifat hasanah yang berarti baik .sehingga
terdapat ungkapan uswtun hasanah yang artinya teladan yang baik. Seperti dalam
ayat yang artinya ; dalam diri rorulullah itu kamu dapat menemukan teladan yang
baik.( Q.S.al-Ahzab,33: 21)
Jadi dalam
metode ini seorang pengajar harus menjadi panutan yang baik murid-muridnya.dan
melaksanakan apa yang sebulum ia sampaikan.
2.Metode kisah-kisah
Didalam Al-Qur’an selain terdapat nama surat-surat
yaitu surat
al-Qoshos yang berarti
cerita-cerita atau kisah-kisah.
Dalam metode ini seorang pengajar
menceritakan kisah-kisah yang mana dapat diambil sebuah pelajaran yang positif dalam
kisah tersebut,misalnya : kisah–kisah para nabi-nabi terdahulu dan lain-lain.
3.Metode nasehat
Metode ini
menggunakan kalimat-kalimat yang menyentuh hati untuk mengarahkan manusia
kepada ide yang dikehendakinya.misalnya seperti
nasehat nabi Sholeh ketika meninggalkan kaumnya berkata : “hai kaumku sesungguhnya aku
telah menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku,dan aku telah member nasehat
kepadamu,tetapikamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasehat.”(
Q.S.7:79).
4.Metode pembiasaan
Cara lain
yang digunakan oleh Al-Qur’an dalam memberikan materi pendidikan adalah melalui
pembiasaan yang dilakukan secara bertahap.dalam hal ini termasuk merubah kebiasaan-kebiasaan
yang negatif.kebiasaan ditempatkan oleh manusia sebagai sesuatu yang istimewah.
5.Metode hukum dan
ganjaran
Muhammad
Quthb mengatakan : “ bila teladan dan nasehat tidak mampu,maka pada waktu itu
harus diadakan tindakan tegas yang dapat meletakan persoalan ditempat yang
benar.tindakan itu adalah hukuman.”©[4]
6.Metode ceramah
Ceramah
atau khutbah termasuk cara yang paling banyak digunakan dalam
mennyampaikan atau mengajak orang lain mengikuti ajaran yang telah ditentukan.metode
ceramah ini dekat dengan kata tabligh yaitu menyampaikan suatu ajaran.
7.Metode diskusi
Metode
diskusi juga diperhatikan oleh Al-Qur’an dalam mendidik dan mengajar manusia
dengan tujuan lebih mematapkan pengertian dan sikap pengetahuan mereka terhadap
suatu masalah.
8.Metode lainnya
Metode perintah dan larangan metode
pemberian suasana,metode mendidik secara kelompok,metode intruksi,metode
bimbingan dan penyuluhan ,metode perumpamaan,metode taubat dan ampunnan,dan
metode pengajian.
2.3. Sumber-sumber
ajaran islam
Islam dengan segala sumbernya yaitu Al-Qur’an ,Sunnah,Qiyas,Ijma’ dan
lain-lain lagi.
BAB III
Penutup
3.1.Kesimpulan
3.1.1.pengertian
metode
Metode ialah berarti jalan untuk
mencapai suatu tujuan.
3.1.2.
metode-metode ajaran islam
1.Metode teladan
2.Metode kisah-kisah
3.Metode nasehat
4.Metode pembiasaan
5.Metode hukum dan ganjaran
6.Metode ceramah
7.Metode diskusi
8.Metode lainnya
3.1.3. Sumber
– sumber ajaran islam
1. Al-Qur’an
2. Sunnah
3. Ijma’
4. Qiyas
3.2
. Saran
Dari makalah ini penulis mengharapkan
agar para pembaca dan khsusnya INKAFA dan
para pengajar yang berada di pondok pesantren Mamba’us sholihin dapat
mengetahui metode-metode dan sumber-sumber pengajaran islam.
Daftar Pustaka
Hasan,Langgulung,Prop.Dr.,Asas-asasPendidikanAgama
Islam,PAB,Jakarta,2003
Ikhsan,Hamdani,H.Drs,Filsafat
Pendidikan Islam,CV.Pustaka Setia,2007
NATTA,Abuddin,Metodologi
Studi Islam,Rajawali Pers,2011
NATTA,Abuddin,Filsafat
Pendidikan Islam,Logos,1997
Shaleh, Abdul Rahman,Pendidikan
Agama dan Pembangunan Watak Bansa, Rajawali Pers,2005
[3] A.Tabrani Rusyandkk.,pendekatan dalam
Proses Belajar Mengajar,Bandung: Remaja Rosda Karya,cet.ke-2,1992.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar