Kamis, 06 Desember 2012

SUMBER dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM



SUMBER dan METODE
MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM

Makalah Ini Diajukan Untuk Melengkapi Tugas
Mata Kuliah
Metodologi Studi Islam

Dosen Pengampu :

Ust.Abdullah Syafik,M.Fil.i




 













Oleh:

Al-habibi
Alif Syuhada
Alvin Ade Setiawan
Bagus Maftuh Munir
Choirul Anwar
Ilham Muzaki
Lutfi Indra Satiawan




JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT KEISLAMAN ABDULLAH FAQIH
SUCI MANYAR GRESIK
OKTOBER 2011


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala sanjung hanyalah milik Allah semata, tuhan pencipta alam semesta beserta isinya, pengatur pergantian siang malam, pemberi rizki, yang menghidupkan dan yang mematikan sesuatu yang dikehendaki dan berhak disembah oleh jin dan manusia yang tercipta.
Sholawat dan salam sejahtera semoga abadi tercurah kehariban penghulu alam Nabi Muhammad SAW. Dan sanak famili serta para sahabatnya nan setia Amin.
Kami tiada henti bersyukur dan memuji kepada Allah SWT. atas curahan
rahmat dan maunahnya dalam menyusun makalah ini dalam judul
" SUMBER dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM" maksud penyusunan makalah ini untuk  melengkapi tugas matakuliyah metod0logi studi islam .
Sebagaimana kita ketahui belajar adalah istilah kunci yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan.Sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak ada pendidikan di tengahkan perlunya pengajaran perbaikan pengertian perbaikan, dan fungsi pengajaran perbaikan.
Terimah kasih kami ucapkan kepada teman-teman yang selalu mendukug, dan khususnya kepada Dosen yang mengajarkan materi ini yang selalu terbuka untuk kami. Dengan kerendahan dan segala kekurangan  yang menyelimuti diri penulis, demi kesempurnaan makalah ini bila menemukan kejanggalan atau kesalahan, sudilah kiranya meberi teguran. Dan akhirnya penulis berdo’a semoga makalah ini banyak memberi manfaat dan maslaha kepada kita semua, muda-mudahan senantiasa dalam lindungan taufiq hidayah Allah SWT. amin
                                                                                     
Gresik,   Januari 2011


                                
                                                                                                Penulis 






DAFTAR ISI

Cover .............................................................................................................  I
Kata pengantar ..............................................................................................  II
Daftar Isi .......................................................................................................  III
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................  1
A. Latar belakang masalah ...................................................................  1
B. Rumusan masalah ............................................................................  1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................  2        
A. Sumber-sumber ajaran islam ...........................................................  2
B. Metode mempelajari sumber ajaran islam .......................................  2
BAB III PENUTUP .....................................................................................  5
A. Kesimpulan .....................................................................................  5
Daftar pustaka










BAB I
       Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Kehadiran agama islam yang dibawah Nabi Muhammad Saw.diyakinkan dapat mewujudkan kesejahteraan kehidupan lahir dan batin.dengan Aqur’an dan hadist,serta ijma’ dan kiyas sebaga sumber ajaran dan hukum yang telah disepakati.  
           Oleh karna itu,sebelum kita sampai pada penjelasan tentang SUMBER dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM ,kami sebagai pemakalah ingin menjelaskan terlebih dahulu tenteng pengertian SUMBER dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM.dengan maksud,agar kita mengetahui apa yang dimaksud dengan " SUMBER dan METODE MEMPELAJARI SUMBER AJARAN ISLAM"

1.2. Rumusan masalah   
1.      Apa pengertian metode 
2.       Apa saja metode-metode mempelajari ajaran islam      
3.      Apa saja sumber-sumber ajaran islam

1.3. Tujuan masalah
            Berdasarkan rumusan masalah diatas,maka tujuan hendak dicapai adalah untuk mengetahui metode dan sumber-sumber ajaran islam.



BAB II
       Pembahasan
2.1.Pengertian metode
            Dalam proses pendidikan islam pendidikan,metode memmpunyai  kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan karena ia menjadi sarana yang mempermaknakan  materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan sedemikian  rupa sehinga dapat dipahami atau diserap oleh anak didik menjadi pengertian-pengertian yang fungsional terhadap tingkah lakunya.
            Jadi metode dari segi bahasa berasal dari dua perkataan, yaitu meta dan hodos.meta berarti “melalui” dan hodos berarti  “jalan” atau “cara”.dengan demikian metode dapat berarti cara atau jalan yang harus dilaalui untuk mencapai suatu tujuan[1].Selain itu adapula yang mengatakan bahwa metode adalah suatu sarana untuk menemukan,menguji,dan meyusun data yang diperlukan bagi pengembangan disiplin tersebut[2]. Ada lagi pendapat yang mengatakan bahwa metode sebenarnya berarti jalan untuk mencapai tujuan.[3]     

2.2. Metode-metode mempelajari ajaran islam
1.Metode teladan      
Dalam Al-Qur’an telada diproyeksikan dengan kata uswah yang kemudian diberi sifat dibelakangnya seperti sifat hasanah yang berarti baik .sehingga terdapat ungkapan uswtun hasanah  yang artinya teladan yang baik. Seperti dalam ayat yang artinya ; dalam diri rorulullah itu kamu dapat menemukan teladan yang baik.( Q.S.al-Ahzab,33: 21)
Jadi dalam metode ini seorang pengajar harus menjadi panutan yang baik murid-muridnya.dan melaksanakan apa yang sebulum ia sampaikan.
2.Metode kisah-kisah
Didalam  Al-Qur’an selain terdapat nama surat-surat yaitu surat
al-Qoshos yang berarti cerita-cerita atau kisah-kisah.
            Dalam metode ini seorang pengajar menceritakan kisah-kisah yang mana dapat diambil sebuah pelajaran yang positif dalam kisah tersebut,misalnya : kisah–kisah para nabi-nabi terdahulu dan lain-lain.
3.Metode nasehat
Metode ini menggunakan kalimat-kalimat yang menyentuh hati untuk mengarahkan manusia kepada ide yang dikehendakinya.misalnya seperti  nasehat nabi Sholeh ketika meninggalkan kaumnya  berkata : “hai kaumku sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku,dan aku telah member nasehat kepadamu,tetapikamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasehat.”( Q.S.7:79).
4.Metode pembiasaan
Cara lain yang digunakan oleh Al-Qur’an dalam memberikan materi pendidikan adalah melalui pembiasaan yang dilakukan secara bertahap.dalam hal ini termasuk merubah kebiasaan-kebiasaan yang negatif.kebiasaan ditempatkan oleh manusia sebagai sesuatu yang istimewah.
5.Metode hukum dan ganjaran
Muhammad Quthb mengatakan : “ bila teladan dan nasehat tidak mampu,maka pada waktu itu harus diadakan tindakan tegas yang dapat meletakan persoalan ditempat yang benar.tindakan itu adalah hukuman.”©[4]        
6.Metode ceramah
Ceramah atau khutbah termasuk cara yang paling banyak digunakan dalam mennyampaikan atau mengajak orang lain mengikuti ajaran yang telah ditentukan.metode ceramah ini dekat dengan kata tabligh yaitu menyampaikan suatu ajaran.
7.Metode diskusi
Metode diskusi juga diperhatikan oleh Al-Qur’an dalam mendidik dan mengajar manusia dengan tujuan lebih mematapkan pengertian dan sikap pengetahuan mereka terhadap suatu masalah.
8.Metode lainnya
            Metode perintah dan larangan metode pemberian suasana,metode mendidik secara kelompok,metode intruksi,metode bimbingan dan penyuluhan ,metode perumpamaan,metode taubat dan ampunnan,dan metode pengajian.
2.3. Sumber-sumber ajaran islam
            Islam dengan segala sumbernya  yaitu Al-Qur’an ,Sunnah,Qiyas,Ijma’ dan lain-lain lagi.   



BAB III
Penutup
3.1.Kesimpulan
3.1.1.pengertian metode
            Metode ialah berarti jalan untuk mencapai suatu tujuan.
3.1.2. metode-metode ajaran islam
            1.Metode teladan
2.Metode kisah-kisah
            3.Metode nasehat
            4.Metode pembiasaan
            5.Metode hukum dan ganjaran
            6.Metode ceramah
            7.Metode diskusi
            8.Metode lainnya
3.1.3. Sumber – sumber ajaran islam
            1. Al-Qur’an
            2. Sunnah
            3. Ijma’
            4. Qiyas
3.2 . Saran
        Dari makalah ini penulis mengharapkan agar para pembaca dan khsusnya INKAFA dan  para pengajar yang berada di pondok pesantren Mamba’us sholihin dapat mengetahui metode-metode dan sumber-sumber pengajaran islam.

Daftar Pustaka
Hasan,Langgulung,Prop.Dr.,Asas-asasPendidikanAgama Islam,PAB,Jakarta,2003
Ikhsan,Hamdani,H.Drs,Filsafat Pendidikan Islam,CV.Pustaka Setia,2007
NATTA,Abuddin,Metodologi Studi Islam,Rajawali Pers,2011
NATTA,Abuddin,Filsafat Pendidikan Islam,Logos,1997
Shaleh, Abdul Rahman,Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bansa, Rajawali Pers,2005













[1] Suharsimi Arikunto,Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,Jakarta:Bumi Aksara, cet.ke-10,1993,h.1.
[2] H.M.Arifin,Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta:Bumi Aksara,cet.ke-1,1991,h.247.
[3]  A.Tabrani Rusyandkk.,pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar,Bandung: Remaja Rosda Karya,cet.ke-2,1992.

[4]  Muhammad Quthb,op.cit.i.h.341.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar